Menteri Besar Selangor pun Meniru Gaya Jokowi

TEMPO.CO, Kuala Lumpur – Gaya blusukan Joko Widodo ternyata tak hanya menginspirasi para pemimpin daerah, tetapi juga dicontoh Menteri Besar Selangor, Malaysia.

Azmin Ali, Menteri Besar Selangor, yang mengikuti cara blusukan Jokowi, sapaan akrab untuk Joko Widodo.

Azmin Ali, misalnya, tak ragu-ragu membersihkan selokan dan tempat pembuangan sampah serta mendatangi tempat tinggal pendatang ilegal di Kampung Sungai Kertas, Batu Caves, Selangor.

Aksi Azmin Ali ini tak lepas dari jepretan kamera warga setempat. Foto-foto dirinya sedang membersihkan selokan pun beredar di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Gaya blusukan Azmin Ali ini mengingatkan warga Malaysia terhadap kebiasaan Jokowi. Bahkan, beberapa media online setempat menjuluki Azman Ali sebagai “Jokowi Malaysia”.

Jika Jokowi memakai istilah blusukan, Azmin lebih memilih kata terjah. Terjah adalah istilah yang biasa digunakan wartawan Malaysia untuk mencegat narasumber (door stop).

Tak hanya doyan blusukan, Azmin Ali juga gemar memakai kemeja putih dan celana hitam saat turun ke lapangan. Seperti diketahui, kemeja putih dan celana hitam adalah stelan khas Jokowi.

Azmin, yang diangkat sebagai Menteri Besar Selangor pada 23 September 2014 lalu, pernah bertemu Jokowi di Jakarta pada Juni lalu.